Selasa, 26 Februari 2013

Pijat Balita

Sisi Kesehatan

Sentuhan atau pijatan pada bayi dapat merangsang produksi ASI, meningkatkan nafsu makan dan berat badannya. Sentuhan alamiah pada bayi sesungguhnya sama artinya dengan tindakan mengurut atau memijat. Kalau tindakan ini dilakukan secara teratur dan sesuai dengan tata cara dan teknik pemijatan bayi, maka ini bisa menjadi terapi untuk mendapatkan banyak manfaat  untuk balita anda. Untuk itu tidak perlu mengundang tukang pijat bayi, andapun dapat melakukannya sendiri pada balita anda.
Menurut penelitian T.Field & Scafidy dari Universitas Miami, AS, yang menunjukkan bahwa 20 bayi prematur mengalami kenaikan berat badan 20 - 47perhari setelah dipijat 3 x 15 menit selama 10 hari. Bayi cukup bulan usia 1 - 3 bulan yang dipijat 15 menit 2 x seminggu selama 6 minggu mengalami kenaikan berat badan lebih tinggi dari kelompok bayi yang tidak dipijat.

Bayi yang dipijat mengalami penigkatan tonus nervus vagus-nya ( saraf otak ke-10 ). Ini membuat kadar enzim penyerapan gastrin dan insulin naik sehingga penyerapan terhadap sari makanan pun menjadi lebih baik. Penyerapan makanan yang lebih baik akan menyebabkan si balita cepat lapar dan karena itu akan lebih sering menyusu. Akibatnya produksi ASI pun akan lebih banyak.

ReneSpitz, seorang dokter anak dan psikiater dari Amerika melaporkan, bayi yang banyak memperoleh sentuhan atau pemijatan, khusunya dari sang ibu, jarang mengalami simpton hospitalismus ( gangguan yang sering dialami bayi yang tinggal di panti asuhan, seperti radang telinga tengah, campak, gangguan usus, dll ).

Sisi Psikologis

Pengamatan T.Field seperti dikutip dr, J.David Hull, ahli virologi molekuler dari Inggris, dalam makalah berjudaul Touch Theraphy : Science Comfirms Instinct, menyebutkan bahwa terapi pijat 30 menit per hari bisa mengurangi depresi dan kecemasan balita . Tidur balita pun akan lebih tenang.

Terapi pijat 15 menit selama enam minggu pada bayi usia 1 - 3 bulan juga meningkatkan kesiagaan (aletrness) dan tangisnya berkurang. Ini akan di ikuti dengan peningkatan berat badan, perbaikan kondisi psikis, berkurangnya kadar hormon stress dan bertambahnya kadar serotonin sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh si bayi. Lebih dari itu, sentuhan/pijatanpada bayi akan meningkatkan dan mempeererat tali kasih sayang antara orangtua dan bayinya.

Terhadap perkembangan emosi anak, sentuhan/pijatan orangtua merupakan dasaar perkembangan komunikasi yang akan memupuk  cinta kasih dan menjadi penentu bagi anak untuk menjadi anak yang berbudi pekerti dan percaya diri. Lagi pula ia akan merasa aman karena merasa yakin  memiliki kasih sayang dan perlindungan dari orangtuanya. 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar